Tingkatkan Literasi tentang Sejarah, PT Timah Tbk Bagikan 229 Buku Mapur Berkisah Menuai Berkah di Pulau Belitung

PT Timah Tbk menyerahkan buku "Mapur Mendulang Mendulang Cerita Menuai Berkah" sebanyak 126 eksemplar kepada Disdikbud Kabupaten Belitung, Selasa (28/11/2023).
PT Timah Tbk menyerahkan buku "Mapur Mendulang Mendulang Cerita Menuai Berkah" sebanyak 126 eksemplar kepada Disdikbud Kabupaten Belitung, Selasa (28/11/2023).

Untuk mendukung literasi budaya masyarakat Bangka Belitung, PT Timah Tbk menyerahkan buku Mapur Mendulang Mendulang Cerita Menuai Berkah sebanyak 229 eksemplar kepada dua instansi di Pulau Belitung, Selasa (28/11/2023).


103 buku diserahkan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur dan 126 buku diserahkan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Belitung.

Buku ini menceritakan tentang adat istiadat dan budaya masyarakat Adat Mapur di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Donasi buku ini merupakan komitmen PT Timah Tbk dalam mendukung peningkatan dunia pendidikan di Kepulauan Bangka Belitung, termasuk di Pulau Belitong.

Sekretaris Dinas Pendidikan Belitung Timur Dedy Wahyudi mengatakan, bantuan buku ini merupakan langkah positif, untuk meningkatkan literasi dan mengembangkan wawasan dunia pendidikan di Belitung Timur.

“Buku ini akan kami distribusikan ke 103 SD dan 22 SMP di wilayah kami,” kata Dedy Wahyudi.

Menurut Dedy, ke depan mereka akan mendorong para guru untuk berkontribusi secara merata dalam menyusun buku, baik bertema sama atau berbeda, agar bisa berkolaborasi dengan PT Timah Tbk.

Ia mengatakan, PT Timah Tbk sangat positif dalam memajukan dunia pendidikan di Belitung Timur.

“PT Timah Tbk telah memberikan kontribusi positif dan masih ada yang perlu dikembangkan dalam program merdeka belajar ke depan,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia berharap PT Timah Tbk terus berkomitmen dan meningkatkan perannya dalam membantu upaya peningkatan mutu pendidikan.

Artinya PT Timah Tbk dapat mendukung program-program yang dapat disinergikan bersama, jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Belitung Soebagio mengapresiasi PT Timah Tbk yang telah mendistribusikan buku terkait sejarah di Bangka Belitung berjudul Mapur.

Tentu saja buku menjadi salah satu media dalam proses pembelajaran yang berkaitan dengan literasi sekolah, siswa di sekolah gemar membaca.

“Ini sebagai bahan tambahan pengetahuan dalam proses pembelajaran di sekolah,” kata Bagio, sapaan akrab Soebagio.

Bagio mengatakan, buku-buku tersebut akan didistribusikan kembali ke bidang masing-masing baik SD maupun SMP, yaitu sesuai dengan buku yang diterima oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

“Kontribusi PT Timah Tbk terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Belitung telah banyak dilakukan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Belitung,” jelasnya.

Ia berharap apa yang telah dilakukan PT Timah Tbk di dunia pendidikan terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Silaturahmi dan koordinasi antara PT Timah Tbk dan Pemerintah Kabupaten Belitung terus terjalin dan ditingkatkan, ujarnya.(GP)