Profil dan Perjalanan Karier Fadillah Arbi, Pembalap Muda yang Peroleh Wildcard di Mandalika 2023

Ada satu nama pembalap muda yang mencuri perhatian dalam ingar-bingar MotoGP Mandalika 2023 yaitu Fadillah Arbi Aditama. Arbi memperoleh wildcard dalam ajang Moto3 Indonesia yang digelar di Sirkuit Internasional Mandalika 2023.
Fadillah Arbi Pembalap Muda Indonesia berbakat yang memperoleh wildcard di Mandalika 2023
Fadillah Arbi Pembalap Muda Indonesia berbakat yang memperoleh wildcard di Mandalika 2023

Talenta pembalap muda kelahiran 14 Juli 2005 ini diasah di program sekolah balap milik PT Astra Honda Motor bertajuk Astra Honda Racing School (AHRS). Arbi tercatat sebagai siswa di AHRS pada tahun 2017. Karena usianya masih belia, Arbi dididik menggunakan motor Honda CBR150R.


Seperti dibagikan laman astra.honda.com, tahun 2018, Arbi naik kelas. Kali ini, ia ditempa menggunakan motor dengan dimensi dan kapasitas mesin yang lebih besar. Menggunakan Honda CBR250RR, bakat Arbi pun dinilai sudah terlihat sejak masa pendidikan ini.

Setahun kemudian, Arbi mulai diperkenalkan dengan motor berspek balap murni. Tepatnya tahun 2019, Arbi sudah menjajal Honda NSF100. Di usianya yang masih 14 tahun, Arbi sempat meraih podium ketiga di kompetisi yang dibuat oleh AHRS.

Pembalap kelahiran Purworejo itu lantas diikutkan seleksi Asia Talent Cup tahun 2020 dan terpilih sebagai kontestan. Sayangnya, balapan ATC batal digelar karena pandemi di tahun 2020.

Pembatalan sejumlah ajang balap itu tak mengendurkan semangat pembalap asal Purworejo, Jawa Tengah ini. Dia bangkit dan tampil konsisten pada tahun berikutnya, tepatnya sejak sesi test di sirkuit Losail, Qatar 19-21 Maret 2021.

Arbi bahkan beberapa kali mencetak waktu tercepat. Padahal, Arbi baru menginjakkan kakinya di lintasan Qatar ini.

Dorna Pilih Arbi

Lebih lanjut, pihak Dorna selaku penyelenggara balap ATC dan promotor balap MotoGP, memilih Arbi untuk berlaga di kejuaraan Red Bull Rookies Cup 2022 yang merupakan kompetisi untuk pembalap muda dari seluruh dunia.

Arbi pun semakin terasah dan percaya diri, hingga akhirnya pada Juli 2023, Arbi berhasil mencatat sejarah sebagai pembalap Indonesia pertama yang mengumandangkan Indonesia Raya dengan meraih podium tertinggi pada ajang kejuaraan balap dunia JuniorGP di Circuit de Barcelona-Catalunya, Spanyol.

Sementara Arbi pada hari kedua Moto3 Indonesia, Sabtu (14/10), Arbi berhasil mencatatkan waktu lap terbaik di debutnya pada kelas balap ini yakni 1 menit 40,018 detik, dan finis di P15 di babak kualifikasi. (rsm).